TIPS PUASA SEHAT UNTUK PENDERITA MAAG

TIPS PUASA SEHAT UNTUK PENDERITA MAAG

TIPS PUASA SEHAT UNTUK PENDERITA MAAG

TIPS PUASA SEHAT UNTUK PENDERITA MAAG

Penderita maag sebaiknya puasa atau tidak? Sebelum memutuskan untuk berpuasa atau tidak, sebaiknya penderita maag berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter mengeai penyakit maag yang dideritanya. Saat berpuasa, asam lambung akan meningkat setelah lebih dari 6 jam perut kosong sehingga menyebabkan sakit maag datang. Dari kedua jenis penyakit maag, penderita maag fungsional masih dinilai aman untuk berpuasa, bahkan dengan berpuasa keluhan sakit maagnya aan berkurang. Namun, pada penderita maag organik puasa dikhawatirkan dapat memperberat kondisi sakit lambungnya, apalagi jika tidak segera diobati sehingga lebih baik jika konsultasi dahulu kepada dokter.

Bagi penderita maag yang tetap ingin berpuasa terapkanlah 7 tips sehat ini agar puasa lancar dan keluhan maag pun dapat berkurang:

  1. Saat sahur, pilih makanan yang dapat dicerna dengan lambat.
  2. Saat buka, segeralah berbuka. Mulai mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil setelah itu mengkonsumsi makanan kompleks.
  3. Konsumsi makanan dengan kandungan serat, kalium, karbohidrat dan magnesium.
  4. Cukupi kebutuhan air putih setiap harinya dengan mengkonsumsi 1,5 – 2 liter per hari.
  5. Hindari makanan yang banyak mengandung gas dan makanan yang berlemak.
  6. Hindari konsumsi minuman bersoda.
  7. Hindari tidur setelah sahur karena langsung tidur setelah makan akan meningkatkan sekresi asam lambung dan gerak peristaltic pancreas.

Inilah beberapa tips sehat untuk penderita maag yang tetap ingin berpuasa. Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa. Salam cantik New Belaluna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *